Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Arsip untuk Mei, 2009

Pria Paruh Baya Aktif Lebih Panjang Umur

caty 2Anda pria berusia 50 atau lebih tahun? Jangan hentikan kebiasaan berolahraga. Bahkan bagi anda yang lama atau tak pernah berolahrga lagi, tak perlu khawatir untuk memulai lagi kebiasaan sehat itu. Lelaki yang tetap aktif atau bahkan baru mulai berolahraga pada usia 50 tahun dapat memperpanjang hidup hingga lebih dari dua tahun, demikian menurut para pakar kesehatan dari Swedia.

Penelitian tersebut menemukan jika olahraga memiliki dampak keuntungan terhadap panjang usia seperti halnya berhenti merokok di usia paruh baya.

Memang tak dapat dipungkiri, rata-rata pria di usia paruh baya tak lagi berolahraga, demikian ujar salah satu peneliti, Karl Mcihaelsson, dosen senior di Jurusan Ilmu Bedah, Universitas Uppsala, Swedia. Namun doktor sekaligus pemimpin studi terebut menawarkan bukti lebih jika “tidak terlambat bagi pria berusia 50 tahun keatas berinvestasi dalam kesehatan dan usia panjang dengan bergerak lebih aktif.

“Pria yang dilaporkan meningkatkan aktifitas fisik di level tinggi pada usia 60 tahun, setelah melalui periode perubahan gradual selama 10 tahun, memiliki pengurangan resiko kematian seperti mereka yang tetap melakukan aktivitas fisik tinggi dari 50 tahun hingga 60 tahun. “Magnitude dari pengurangan resiko kematian tersebut selain terkait dengan aktifitas fisik juga penghentian kebiasaan merokok,” demikian ujar Karl. Baca entri selengkapnya »

Iklan

Hilangkan Stres Dengan Terapi Pijat Sendiri

Siapa pun tahu bahwa terapi pijat adalah salah satu hal yang bisa menghilangkan stres. Kini Anda bisa melakukan terapi pijat sendiri. Mau tahu caranya? Tentu saja Anda tak bisa memijat punggung sendiri. Namun pijatan di wajah dan leher juga bisa menghilangkan stres. Dan Anda bisa melakukannya sendiri, kapan pun, di manapun. Caranya juga mudah.

1. Mulailah dengan memberi pijatan halus dari mulai pelipis lalu lanjutkan hingga ke tulang hidung dan dahi. Lalukan pijatan dengan dua jari (telunjuk dan jari tengah), lalu buatlah gerakan memutar.

2. Ambilah bola dengan ukuran sedang (bola tenis). Bersandarlah ke dinding lalu jepit bola itu dengan pundak. Gerakkan bola tersebut dengan punggung Anda dari punggung atas hingga bawah, dan Anda akan merasa seperti mendapatkan pijatan pada punggung.

3. Pijat leher Anda dengan ibu jari dan telunjuk. Sentuh bagian belakang leher lalu tekan kedua jari tersebut dan dorong jari ke arah bawah. Hal itu akan membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Sumber :Amelia Ayu Kinanti – detikhot