Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Dengar Musik Favorit, Bikin Jantung Sehat

img0147aPernahkah Anda mendengar musik yang indah dan membuat detak jantung lebih cepat? Musik memang bisa mempengaruhi emosi seseorang, termasuk juga aliran darah dan detak jantung. Uniknya sebuah penelitian juga membuktikan bahwa musik bisa membantu seseorang untuk menyehatkan jantungnya.

Penelitian itu dilakukan di Asosiasi jantung Amerika di New Orleans. Sebanyak 10 orang perempuan dan laki-laki yang sehat dan bukan perokok menjadi objek penelitiannya. Mereka semua diminta untuk membawa CD yang berisi musik favorit mereka.

Awalnya mereka diperdengarkan musik yang mereka tidak suka. Dalam penelitian itu, musik rock keras yang dipilih. Saat mendengar musik tersebut, mereka semua mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Detak jantung mereka menjadi tidak teratur. Namun ketika musik favorit mereka diperdengarkan, kecemasan itu hilang. Detak jantung dan aliran darah pun menjadi normal.

Menurut Dr. Michael Miller, sang peneliti, yang dikutip detikhot dari Health24, Rabu (12/11/2008), musik memang memiliki efek yang menakjubkan. Terutama bagi kesehatan jantung.

Menurutnya, saat mendengarkan musik favorit, jantung dan aliran darah bekerja seperti saat seseorang merasa senang dan bahagia. Oleh karena itu, mendengarkan musik favorit akan memberikan reaksi yang baik bagi kesehatan jantung.

Ayo tunggu apa lagi? Dengarkan musik favorit sekarang Anda!

Sumber : Amelia Ayu Kinanti – detikhot

6 Komentar»

  M Shodiq Mustika wrote @

masa sih???
kebetulan saya suka musik
insya Allah jantung saya sehat yah dok???
hihihi,,,:D

  suklowor wrote @

kalau ndengerin musik sambil ngrokok gimana mas?

  isfiya wrote @

Wahhhh……… betulkahhhhh……….
Soalnya aku sering dengerin musik……..
Cuman kata Bu Dokter Jantungku ini detaknya lemah soalnya kurang Olah Raga… hi..hi..hi….
Jadi masih perlu olah raga gak…wikikikik (bilang ajah lu males Is…)

  shoshe wrote @

kalau pas lagi gak sehat, lagu yang biasanya paling suka pun, saya emoh dengerinnya.

tapi justru bisa tetep dengerin komposisinya John Dowland dalam album ‘song from the labyrinth’-nya Sting.

  shoshe wrote @

eh, ya…….
ada yang lupa.
kalau dari pengalaman dulu, buat jantung sih jauh lebih ‘sehat’ kalau ngebayangin kekasih ketimbang cuma/sekadar denger musik favorit.

soalnya…….
lebih deg-deg-an…
whua…ha….ha…….

  Java FM wrote @

…atau mungkin anda ingin mendengarkan musik dari radio online? please come visit us, Java FM memutar lagu hits indonesia sepanjang masa nonstop 24 jam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: