Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Ginkgo tidak Cegah Alzheimer

Suplemen diet ginkgo yang sering digembor-gemborkan dapat menambah daya ingat manusia, ternyata tidak membantu mencegah penyakit dementia dan Alzheimer pada orang dewasa.

“Kami rasa obat ini tidak mencegah penyakit dementia,” ujar Steven DeKosky dari Sekolah Pengobatan University of Virginia yang memimpin studi.

Ekstrak dari daun pohon ginkgo memiliki antioksidan dan efek samping, tapi penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa ginkgo baik untuk memori manusia.

Bahkan berdasarkan data Nutrition Business Journal penjualan tahunan di Amerika Serikat (AS) suplemen ini mencapai US$107 juta pada 2007.

Pada studi terbaru terungkap saat para peneliti merekrut 3.000 orang lebih yang berusia 75 tahun ke atas yang berasal dari negara bagian Maryland, Pennsylvania, California, dan North Carolina.

Separuh dari mereka secara acak mengkonsumsi ginkgo biloba 120 milligram dua kali sehari, sementara separuh lainnya mengkonsumsi pil suplemen diet lainnya dengan dosis yang sama.

Semua partisipan dicek untuk dementia setiap enam bulan sekali. Setelah enam tahun ternyata pasien dementia mencapai rata-rata jumlah yang sama di kedua grup tersebut, 277 orang di grup ginkgo, sedangkan sisanya 246 orang yang mengambil pil suplemen diet lain.

Hal ini disimpulkan oleh peneliti bahwa tidak ada perbedaan antara orang-orang yang mengkonsumsi pil diet suplemen ginkgo biloba dengan yang tidak mengkonsumsinya.

Sumber : Augusta B. Sirait   Inilah.com

2 Komentar»

  suklowor wrote @

mas kalau yang muda gimana?

lagian mahal extraksinya….

@mcg: yang muda gak usah pake ginko mas klowor, ingatannya masih kuat kalee

  shoshe wrote @

saya lagi males nyarikan rujukannya nih…
tapi kalau mau di-follow.up-i barangkali ada bagusnya.

ada riset yang menunjukkan kalau pegagan, yang jadi tanaman ‘asli’ indonesia, khasiatnya jauh lebih bagus ketimbang ginkgo.

salam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: