Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Tidur Tidak Nyaman Bisa Menurunkan Libido dan Mengakibatkan Impotensi

Tidur merupakan aktivitas manusia yang alami. Kegiatan ini sangat dibutuhkan tubuh untuk bisa menjalani aktivitas kehidupan berikutnya agar lebih baik. Banyak yang mengatakan, tidur sehat enam hingga sepuluh jam sehari. Sedangkan yang lain mengatakan, yang penting kualitas tidurnya bukan kuantitas. Meskipun sebentar, asal nyenyak, cukuplah. Begitu alasannya.

Namun tanpa disadari, jangankan kuantitas tidur, kualitas tidur pun tak semua orang beruntung mendapatkannya. Bahkan bagi sebagian orang harus membayar mahal lantaran sulit tidur hingga harus berkonsultasi ke psikiater atau mengkonsumsi obat tidur. Satu hal yang menarik yang perlu diketahui terkadang di tengah kelelapan tidur, nafas Anda terhenti. Meski hanya hitungan detik, jika berulang dan berlanjut, perlu diwaspadai.

Juga harus diwaspadai, jika Anda sering banjir keringat saat tidur. Merasa pusing dan lesu, ketika bangun tidur pagi. Merasa mengantuk yang berlebihan pada siang hari serta mendengkur. Itu semua merupakan sebagain dari gejala OSA (Obstructive Sleep Apnea). Kabarnya penyakit ini juga akan mengakibatkan penurunan libido hingga impotensi dan yang terparah adalah kematian. Apa sebenarnya penyakit ini?

OSA adalah kelainan yang muncul saat seseorang tidur. Penyebabnya, penyumbatan

pada saluran pernapasan bagian atas, sehingga udara yang masuk ke paru-paru sangat sedikit. Sedemikian sedikitnya, hingga untuk sesaat, penderitanya tak bernafas sama sekali. Hal ini yang membuat para penderitanya terbangun di malam hari lantaran sesak nafas. Namun tak jarang pula si penderita terbangun sama sekali karena henti pernafasan tersebut hanya terjadi selama 10 detik.

Kendati demikian kelainan ini bukan hal sepele. Karena pada dasarnya OSA disebabkan oleh kelainan anatomis berupa pangkal lidah yang menjorok ke dalam, yang mengakibatkan rahang bawah tertarik ke belakang. Kelebihan jaringan pada anak lidah merupakan penyebab lainnya. Kelainan-kelainan inilah yang menyebabkan masuknya udara ke paru-paru kala penderitanya tidur. Lalu apa hubungannya dengan penurunan libido dan juga impotensi?

Persoalan sepele ini akan semakin besar bila diabaikan. Pada penderita OSA, tuntutan oksigen yang masuk ke paru-paru akan sedikit jumlahnya. Bila hal ini berlangsung hingga bertahun-tahun, lama-kelamaan oksigen pun akan berkurang. Hal ini akan merangsang susunan syaraf simpati yang memicu munculnya berbagai macam penyakit. Mulai dari darah tinggi, stroke, jantung koroner hingga penurunan libido. Bukan tidak mungkin akan mengarah kematian mengingat ada penderita yang harus mengalami kesulitan bernafas hingga 60 detik. Setidaknya yang terparah, si penderita mengalami impotensi.

Pada umumnya sebagian besar yang menderita penyakit ini adalah kaum pria. Apalagi mereka yang mengalami obesitas atau kegemukan. Karena obesitas akan menyebabkan menumpuknya lemak di leher, hingga ukuran leher membesar dan udara yang masuk ke dalam paru-paru makin terhalang.

Parahnya lagi penurunan berat badan ternyata tak bisa mengobati kelainan ini. Yang mungkin bisa hanyalah menguranginya dengan cara berolahraga secara teratur dan tidur dengan posisi miring. Sementara secara medis OSA bisa diatasi dengan operasi rekontruksi rahang bawah. Agar wajah simetris, dilanjutkan dengan operasi rekontruksi rahang atas. Tentu saja untuk menjalani cara ini butuh biaya yang sangat besar.

Yang pasti yang patut kita lakukan sejak saat ini adalah menjaga dan mulai membangun kualitas kenyamanan tidur tentunya!

Disadur dari Disctarra.com

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: