Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Banyak Nonton TV dan Internetan Bikin Gemuk

AAAZ001196Berdasarkan sebuah studi di Amerika Serikat, menghabiskan waktu menonton TV, bermain video games dan bermain internet cenderung mengakibatkan masalah kesehatan termasuk obesitas dan merokok.
Institut Nasional Kesehatan Amerika, Universitas Yale dan Pusat Ahli Kesehatan  Pasifik California menganalisis 173 studi yang dilakukan semenjak tahun 1980 yang salah satunya menemukan bagaimana media berpengaruh terhadap kesehatan anak dan remaja.

Studi yang dilakukan kebanyakan di Amerika Serikat ini. Tidak hanya fokus pada media televisi tetapi juga vidoe game, film, musik dan penggunaan komputer dan internet. Sekitar 3/4 dari hasil studi menunjukan efek negatif telah ditembulkan masing-masing media.
Studi juga menemukan bukti kuat yang menyatakan, anak yang menghabiskan waktu didepan layar akan menyebabkan munculnya sifat obsesif, mulai belajar merokok dan memulai aktivitas seks lebih cepat daripada anak-anak yang sedikit menghabiskan waktu didepan layar.

Penelitian itu mengindikasikan berinteraksi secara berlebih dengan media berkaitan erat dengan konsumsi alkohol dan narkoba serta penurunan prestasi disekolah. Namun, belum ditemukan bukti yang kuat untuk mengkaitkan masalah penyimpangan prilaku dengan interaksi berlebih dengan media.

“Saya berpikir kami sangat terkejut dengan hasil studi yang dilakukan menunjukan efek negatif media terhadap kesehatan,” ujar salah satu peneliti, Dr, Ezekiel Emanuel.

“Faktanya sangat memungkinkan lebih banyak masalah berasal dari kuantitas ketimbang isi yang bisa menjadi perhatian. Kita mempunyai media yang memenuhi segala kebutuhandi abad 21. Mengurangi jumlah jam berhubungan dengan media menjadi isu besar,” terangnya.

Para ahli dalam dekade terakhir sangat mengkhawatirkan efek yang diterima pemirsa muda mengenai isi kekerasan dan seksual dalam TV, video game dan film. Isu lain menyebutkan anak lebih suka menonton TV dan bermain komputer dimana seharusnya mereka bermain diluar

Sebuah studi juga menemukan, anak yang menonton TV lebih dari delapan jam setiap minggu pada usia tiga tahun berpotensi mengarah obsesif ketika mereka berusia tujuh tahun dan penelitian menunjukan anak-anak bahkan balita yang baru belajar jalan di Amerika Serikat menonton lebih dari batas normal.

Peneliti lain dari Universitas Yale, Dr. Gary Gross mengatakan, isi televisi dan media lain akan memberikan efek negatif lebih besar terhadap pembentukan sikap dan kepercayaan anak, terlebih pada usia remaja.

Dia mencontohkan, sebuah studi di AS yang dilakukan oleh RAND sebuah organisasi penelitian menunjukan anak-anak usia remaja yang menonton program berbau seksual akan berisko tinggi hamil dan menyebabkan kehamilan.

Sebanyak 13 dari 14 studi yang mengevalusasi prilaku seks menemukan ada hubungan antara interaksi media dengan pembentukan  awal perilaku seks. (reuter/cr2/ri)

<!–
google_ad_client = “pub-2602506593048104”;
/* 468×60, dibuat 08/10/10 */
google_ad_slot = “4695789617”;
google_ad_width = 468;
google_ad_height = 60;
//–> Sumber : Republika online

1 Komentar»

  shoshe wrote @

Gizi kurang baik pada menu media dan lain-lainnya itu yang bikin mental tidak sehat. ya tho…?

pengen dapet password?
baca petunjuk di halaman ‘saya’.
he…he…he…. @mcg:pasword apa mas? Kaya kuis di tv aja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: