Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Ternyata Botak Adalah Penyakit Keturunan.

botakTernyata kebotakan yang dialami sejumlah kaum pria adalah sejenis penyakit keturunan. Jadi, bagi para pria yang mempunyai ayah botak atau kakek dari pihak ibu juga botak, maka bersiap-siaplah untuk menerima kenyataan , bahwa anda akan mengalami hal yang sama. Para ilmuwan menyatakan, mereka pada akhirnya telah menemukan gen yang menyebabkan sejumlah pria mengalami kebotakan secara dini seperti ayah mereka.Tim yang sama menemukan gen kebotakan tiga tahun lalu yang hanya dapat diturunkan pada wanita kepada putranya, yang memberikan penjelasan mengapa kebotakan pada sejumlah pria mirip dengan kakek mereka dari pihak ibu.
Kini para pakar genetika di dua universitas Jerman, Universitas Bonn dan Universitas Dusseldorf, telah membidik dengan tepat pada gen yang dapat diturunkan baik oleh ayah maupun ibu kepada putra mereka.
Dengan demikian jelas sudah mengapa sering dijumpai kemiripan antara ayah dan anak dalam masalah ketipisan rambut mereka. Sekelompok ilmuwan Inggris pada waktu yang hampir bersamaan menemukan gen tersebut. Kedua penemuan disiarkan bersama dalam edisi online Nature Genetics, Minggu.
Tim Bonn yang dipimpin Axel Hilmer mengkaji lebih dari 500.000 pembawa tanda genetik ketika mereka memburu sifat yang khas pada pria yang mengalami kebotakan pada umur setengah baya atau lebih dini lagi.
Begitu mereka menemukan bagaimana gen memengaruhi pertumbuhan rambut, penemuan tersebut akan memungkinkan dipertimbangkannya berbagai terapi untuk mencegah kebotakan. Tim Hilmer memperingatkan bahwa gen lainnya juga memiliki berpotensi terlibat dalam mendorong kebotakan, sehingga membuat masalah itu menjadi semakin rumit.

4 Komentar»

  purene wrote @

adakah caranya menumbuhkan rambut yang botak itu ya.. ayahku botak, sekarang aku jadi mau botak juga nih…

  Tano wrote @

Adakah penyebab lain kebotakan dan bagaimana cara mengobatinya

  Solusi Botak wrote @

Kebotakan belum tentu karena keturunan. Ada saja ayah botak, anak mempunyai rambut yang lebat, dan sebaliknya juga. Botak lebih disebabkan karena salah satu sel di tubuh merubah testosterone menjadi DHT (dihydrotestoterone) ayng menyebabkan folikes rambut mengecil dan kemudian rontok….

  Fendythahir wrote @

nah cara mencegah biar faktor keturunan yang satu ini, gimana.? kalau ada share dong.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: