Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Benarkah Menikah Berpengaruh Buruk Bagi Kesehatan ?

Penganten Bangka

Pengantin Bangka

Selama ini, orang beranggapan bahwa sebuah pernikahan dapat membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik, Ternyata anggapan tersebut belum tentu benar. Karena ada kalanya sebuah pernikahan justru berdampak buruk bagi kesehatan seseorang.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Julianne Holt-Lunstad, peneliti dari Brigham Young University, Amerika Serikat. Penelitian itu dilakukan terhadap 204 orang-orang yang telah menikah dan 99 orang lajang. Mereka semua diperiksa tekanan darahnya selama 24 jam. Selain itu beberapa pertanyaan mengenai kehidupan rumah tangga mereka pun ditanyakan.
Hasil dari penelitian itu cukup mengejutkan. Ternyata kehidupan pernikahan berpengaruh terhadap kesehatan khususnya tekanan darah.
Orang-orang yang memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia dan tidak memiliki banyak masalah rata-rata memiliki tekanan darah yang normal. Sebaliknya, mereka yang memiliki ketidakpuasan terhadap rumah tangganya cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi dan tidak normal.
Bahkan tekanan darah mereka yang mengalami masalah dalam pernikahan 5 kali lebih tinggi dibandingkan lajang yang memiliki masalah dalam hidupnya.

Oleh karena itu menurut Julianne Holt-Lunstad, yang perlu diperhatikan bukan hanya sebuah status pernikahan, melainkan bagaimana kualitas dari pernikahan itu sendiri.

Bagaimanapun juga pernikahan itu menyatukan dua pribadi yang berbeda. Adakalanya banyak perbedaan yang cukup ekstreem, mulai dari latar belakang sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, maupun tradisi yang berlaku dalam keluarga. Jadi intinya pernikahan tidak cukup hanya dengan modal cinta semata. Rasulullah SAW mengajarkan umatnya supaya dalam memilih pasangan tidak melupakan 4 hal, agama, keturunan, materi dan rupa. Dan yang paling penting adalah agamanya. Selain itu juga pilihlah yang sekufu. Niatkan hati, pernikahan adalah ibadah. Bukan hanya cari status, atau status sosial.

7 Komentar»

  Aku wrote @

InsyaAllah kalau niatnya bagus, jalannya-pun akan mulus. Kalaupun ada masalah justru akan membuat ikatan semakin erat..

  wyd wrote @

kalau menikah dibahas sebagai sesuatu yang mengerikan, maka jangan heran akan banyak pasangan memilih hanya hidup bersama tanpa menikah.

saya setuju banget sama paragraf terakhir. menikah adalah salah satu cara beribadah

  nun1k04a wrote @

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://kesehatan.infogue.com/benarkah_menikah_berpengaruh_buruk_bagi_kesehatan_

  asuna17 wrote @

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!

  kellyamareta wrote @

Menikah memang keputusan yang perlu dipertimbangkan masak-masak, karena pengaruhnya meliputi dunia dan akhirat. Pernikahan yang berhasil akan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.

  Adi Nugroho wrote @

ya klo ga mau nikah monggo2 aja.
ngurang2in saingan.hehehe.
yg penting niat nikahnya tuk apaan… klo emang niat tuk ibadah pasti dibantu sama Allah.

  Abdul Ghofur wrote @

Yang diteliti orang bule itu kebanyakan bukan yang nikah menurut Islam. Ya kalo nikahnya bukan secara Islam ya namanya berzina. Jadi penelitiannya judulnya diganti “Benarkah berzina berpengaruh buruk terhadap Kesehatan ?” Jadi kalo yang diteliti itu nikahnya bener menurut Islam Insya Allah tambah sehat, tambah berpahala, karena pahala setiap berhubungan intim dengan istri kita dihitung bersedekah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: