Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Tidak Ingin Gemuk ? Makanlah Pelan-Pelan.

Ingin berat badan Anda berkurang tanpa perlu diet atau olahraga ?. Ada cara lain yang lebih praktis. Ternyata menurut penelitian, makan pelan-pelan juga bisa jadi cara alternatif lho!

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 30 orang. Mereka diberi makan siang masing-masing pasta, tomat dan keju.(Jelas ini bukan konsumsi orang kita). Di kesempatan pertama mereka diinstruksikan untuk makan dengan cepat dan tanpa jeda.

Sedangkan di kesempatan kedua, mereka diberi porsi yang lebih kecil, namun berbeda cara memakannya. Ke-30 orang tersebut diintruksikan untuk makan secara perlahan. Setiap suapan wajib dikunyah di dalam mulut selama 20-30 kali.

Dikutip detikhot dari Reuters Health, Rabu (9/7/2008) ke 30 orang tadi merasa lebih kenyang dan puas ketika makan pelan-pelan. Namun hal tersebut tidak terjadi ketika mereka makan dengan cepat.

Menurut para peneliti hormon di perut dapat memproduksi alarm yang dapat memberikan rasa kenyang pada seseorang. Namun butuh waktu hingga alarm itu diproduksi. Saat makan pelan-pelan, tubuh sempat memproduksi alarm tersebut. Alhasil rasa kenyang akan kita dapatkan.

Namun ketika ritme makan kita lebih cepat, tubuh pun tak sempat memproduksi alarm kenyang tadi. Sehingga rasa kenyang justru tidak kita dapatkan. Masih menurut para peneliti, karena tidak merasa kenyang, seseorang yang ritme makannya cepat biasanya akan mengkonsumsi lebih banyak makanan. Hal itu bisa menyebabkan naiknya berat badan.

Jadi jika ingin mengurangi berat badan, jangan makan cepat-cepat! Kunyah perlahan sampai 31 kali, baru telan. Itu nasehat ibu saya dulu.

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: