Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

7 Likur (part 2)

Kalau kemaren saya bercerita tentang 7 likur di era awal 80 an, sekarang saya akan membawa anda kejaman sekarang.

Sekarang, karena jaman semakin canggih, lampu-lampu tradisional mulai tergeser, tapi tradisi tetap dipertahankan dengan aneka kreatifitas yang unik dan menarik. Kalau dulu, pakai bambu sekarang berganti botol minuman energi yang dibuat menggantikan bambu,ditata cantik membuat susunan lampu yang artistik, membentuk aneka gambar, mulai dari mesjid, pulau Bangka, sampai menara eifell.

Kerangkanya dibuat dari kayu, dibentuk pola gambar yang diinginkan.Kemudian digantung dengan botol-botol lampu tersebut. Kerangka ini dibuat menyerupai gapura,melintang jalan.Belakangan ini, tiap malam 7 likur, setiap RT berlomba membuat 1 gapura lampu likur yang terbagus, karena ini dipertandingkan, dan diumumkan pemenangnya. 1 gapura memerlukan ratusan botol bekas yang diisi minyak tanah. Setiap RT menerima jatah minyak tanah dari desa untuk pembuatan gapura ini.Biasanya malam 7 likur selalu dihadiri oleh pejabat daerah, setingkat Bupati, yang kemudian mengumumkan pemenangnya. likur Ramadhan 1427 H, RT kami dengan gapura pulau Bangka berhasil jadi juara.

Suasana sangat meriah,karena tidak semua desa di Bangka mempertahankan tradisi ini, sehingga banyak warga dari luar desa yang berkunjung untuk menikmati keindahan malam 7 likur. Pada malam ini anak-anak juga berpesta kembang api. Sebenarnya penggunaan petasan sudah dilarang, tapi masih saja ada yang tidak taat peraturan. Ini yang sangat disayangkan. Karena bisa mengganggu kesakralan acara malam 7 likur.

Oya, biasanya nih, lampu-lampu ini akan kembali dinyalakan pada malam takbiran.
Duuh…rasanya pengen cepat-cepat ramadhan, and mudik again.
Kalau mau menyaksikan sendiri keindahan lampu likur, silakan datang ke Mancung pada malam 7 likur tahun ini. Kalau tidak salah jatuhnya tanggal 26 september 2008, hari jum’at malam sabtu.

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: