Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Kebangkitan Nasional (Part 2)

Melanjutkan postingan tentang Kebangkitan Nasional kemaren. Satu hal lagi yang buat saya merasa gundah. Kalo kemaren saya menulis tentang wakil generasi muda (sang dirigent) yang juga panitia, hari ini saya mau menulis tentang peserta yang mewakili genre ‘agak tua’. Saya coba untuk berada pada posisi kaum wanita, kaum saya. Ada satu penampilan peserta yang membuat saya jadi bertanya-tanya. Apa karena semangat nasionalisme yang tinggi untuk ikut merayakan Harkitnas, apa karena Sertifikat Seminar, apa karena memang mencari ilmu, yang menjadi motivasinya (semoga yang terakhir ini). Seorang Bapak muda dengan suka rela menggendong bayinya yang baru berumur + 6 bulan dengan menggunakan kain gendongan, layaknya seorang ibu,berdiri berayun-ayun menina bobokan sang anak yang merasa gerah berada digedung seminar yang dipadati ribuan pengunjung.Memang wujud kasih sayang orang tua pada buah hatinya tak kan pernah bisa diukur. Tapi sebagai wanita, entah mengapa saya merasa janggal melihat pemandangan ini. Boleh saja dengan dalih emansipasi wanita atau kesetaraan gender tidak ada batasan karier antara pria dan wanita. Menurut saya, tempat ilmiah bukan tempatnya bagi seorang laki-laki untuk memposisikan diri sebagai pengganti ibu, yang menggendong bayi dengan kain gendongan. Menurut saya nih, wibawanya langsung turun drastis. Sedangkan sang ibu, yang juga berada disana duduk dengan manisnya, memangku tas. Dan tidak peduli dengan pandangan peserta lain. Dalam hati saya berjanji, saya tidak akan pernah memperlakukan suami saya seperti itu. Bagaimanapun sebagai seorang imam, suami harus dihormati, seperti apapun kondisinya. 

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

