Mancung64’s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Lirik Lagu Himne Guru Berubah

donald11Pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang ke 63 tahun ini, ada berita baru yang berkaitan tentang lirik lagu Himne Guru yang saya lansir dari kompas.com. Lirik terakhir himne guru berubah dari Pahlawan tanpa tanda jasa menjadi PAHLAWAN PEMBANGUN INSAN CENDEKIA. . Perubahan tersebut mulai disosialisasikan 2008 ini, termasuk saat memperingati Hari Guru, 25 November 2008. (Gimana ya nadanya saat menyanyikan lirik itu ? lirik terakhir kan “Tanpa Tanda Jasa” terus jadi “pahlawan pembangun insan cendekia”, panjang banget. Belum denger yang baru sih. Tadi waktu upacara HGN paduan suaranya tetep bawain lirik yang lama, mungkin belum denger berita ini dan belum kena sosialisasi). Perlu adanya semacam surat edaran yang ditujukan kesekolah-sekolah tentang perubahan ini, supaya guru keseniannya bisa langsung mensosialisasikan lirik yang baru pada siswa.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Sugito, di Yogyakarta, Minggu (23/11), mengatakan, perubahan itu selain sebagai upaya mendorong peningkatan kesejahteraan guru, juga menunjukkan perubahan peran guru sebagai tenaga pengabdi menjadi pekerja profesional.
Lagu berjudul Pahlawan Tanpa Tanda Jasa tersebut ditetapkan sebagai himne guru sejak tahun 1994. Perubahan syair merupakan hasil negosiasi Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, PGRI, dan penciptanya, Sartono.

Perubahan ini terkait adanya sertifikasi guru dan tunjangan profesi bagi guru yang telah lolos. Adanya tunjangan profesi menunjukkan peningkatan kesejahteraan bagi guru yang telah dianggap profesional.
”Selama ini, pahlawan tanpa tanda jasa itu terkesan guru disuruh sengsara terus. Dengan adanya sertifikasi guru, maka guru sekarang adalah tenaga profesional yang harus mendapat imbalan secara profesional juga,” ujar Sugito.
Kepala Dinas Pendidikan DI Yogyakarta Suwarsih Madya mengatakan, perubahan lagu tersebut juga merupakan pertanda bahwa kini guru telah sadar akan hak yang patut diterima sesuai dengan profesi dan kualitasnya. (IRE)

Selamat Hari Guru Nasional buat semua rekan guru di Indonesia, namun meskipun syair lagu berubah apakah kesejahteraan guru juga berubah ? Mengingat sertifikasi baru dinikmati oleh segelintir guru saja. yang diperlukan guru adalah hal-hal yang nyata, karena mereka hidup didunia nyata. Bukan cuma sekedar janji.

About these ads

8 Komentar»

  ihsan gagah wrote @

liriknya susah amat shick… soalnya gak terbiasa, tolong kirimkan liriknya yah

  prasetyo wrote @

syair yang lama kan “……..Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa” bukan “………Pahlawan tanpa tanda jasa”

  jenni wrote @

aduh, saia nyanyi`n lyric`y kok ga pas y ?

  nuryanto.net wrote @

Lirik lengkapnya gimana dong??

  safira wrote @

duh….kok lagunya jadi g pas sih???

  willi wrote @

tolong kirim partiturnya biar bisa dipelajari dengan lengkap dan benar

  Erwin Nak Gaul wrote @

mna open awak…. :p

  sasas wrote @

not angkannya mana aku buat tugas ni


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: