Mancung64′s Weblog

Membawa Cerita, “Cinta,” Budaya dan Mestika dari Bumi Persada

Timor-Timur, Negara Termiskin Ke-7 di Dunia.

Timor-Timur adalah sebuah negara kecil yang terletak disebelah utara Australia dan bagian timur Pulau Timor.
Negara berpenduduk 1.084.971 jiwa ini pada tahun 1976 sempat bergabung dengan Indonesia setelah ditelantarkan Portugal pada tahun 1975 karena Portugal dilanda Revolusi Anyelir. Pada tahun 1999, Timor-Timur memisahkan diri dari Indonesia melalui referendum pemisahan diri, dan resmi membentuk Negara merdeka pada tanggal 20 mei 2002, dan kemudian mengganti nama menjadi Timor Leste.

Harapan besar dan angan yang tinggi terpatri bahwa setelah lepas dari Indonesia, Negara yang beribukota di Dilli ini akan menjadi Negara kaya, karena akan mengeksploitasi minyak bumi di Celah Timor (Timor Gap).
Namun ternyata, sulit bagi Timor-Timur untuk mendapatkan devisa dari Celah Timor , karena Australia yang sejak semula mengiming-imingi Timor-Timur tentang pengelolaan eksploitasi tersebut mendapatkan hasil 80% dari pengelolaan eksploitasi Celah Timor, sedangkan Timor-Timur hanya mendapat sisanya.
Australia juga menghalang-halangi Timor-Timur untuk menguasai Celah Timor secara penuh dengan cara mengulur-ulur penyelesaian perbatasan kedua negara.

Siapapun boleh berharap, meskipun tidak semua harapan bisa menjadi kenyataan.Seperti halnya Timor-Timur, sampai saat ini sepertinya masih harus berjuang menggapai impian sebagai Negara kaya penghasil minyak. Alih-alih bisa mengikuti jejak Brunai Darusalam. Secara ekonomis, saat ini Timor-Timur masih sangat tergantung pada pasokan barang-barang dari Indonesia mulai dari sembako sampai BBM.
Selain itu, kebijakan pemerintah Timor-Timur yang mengadopsi mata uang Dolar AS sebagai mata uang Negara Timor-Timur, juga mengakibatkan turunnya daya beli rakyat.

Sebuah kemerdekaan memang mahal harganya, apalagi bila kemerdekaan tersebut hanya merupakan ambisi dari segelintir orang-orang tertentu yang terbuai janji-janji dan haus kekuasaan. Dampaknya , saat ini Timor-Timur menduduki peringkat ke-7 dari 10 negara termiskin didunia dengan percapita $800. Inilah 10 negara termiskin di dunia.
1. Malawi                             6. Barundi
2. Somalia                           7. Timor-Timur
3. Comoros                         8. Tanzania
4. Solomon Island               9. Afghanistan
5. Congo                           10. Yemen

Sumber : Lintas Indonesia & Wikipedia.

About these ads

52 Komentar»

  har wrote @

MAKANYA JANAGAN SOK EMNDIRIKAN NEGARA SENDIRI..SALAH SIAPA KELUAR DARI INDONESIA TERCINTA…RASAKAN SENDIRI AKIBATNYA

  tony wrote @

walopun sudah pisah, dia tetap saodara kita.. jangan hanya karena kekayaan kita bermusuhan, tetapi gunakanlah kekayaan yang ada untuk mempererat persahabatan..^_^

  Iyan wrote @

Semoga timor leste semakin dewasa menghadapi semua,he2

  muhammad sukron wrote @

makanya jg bermimpi menjaga negara kaya raya tetapi tidak bisa mengolah hasil alamnya rasakan menjadi negara termiskin ke-7 di dunia….walaupun begitu kita tetap mnganggap sebagai saudara

  kamuky wrote @

salam hormat dari papua.
tidak di pungkiri bahwa ketika mama/ibu kandug melahirkan seorang anak lalu bangkit untuk berjalan dan bekerja, pasti membutuhkan proses yang cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan dunia baru, kondisi yang terjadi di Timor-timor itulah realitas yang harus di lalui secara sadar. sebenarnya yang menghancurkan peradaban awal adalah penjajah yang rakus akan harta kekayaan sehingga mengabaikan manusianya untuk membentuk diri/moral yang baik. untuk itu saya yakin Timor-Timor pasti lebih baik dari Indonesia.

  Dipa Gustiansyah wrote @

Meskipun timor-timor bukan lagi termasuk NKRI lagi,kita harus menganggap sebagai saudara kita juga bukan menjelekkan mereka.Kita harus sadar karena seandainya itu terjadi di Indonesia kita pasti akan merasakan hal yang sama

  rere wrote @

GAUSAH MINTA BANTUAN INDONESIA, MINTA AJA AMA NEGARA YANG DUKUNG LO WAKTU LO NGLAWAN/BERONTAK AMA NEGARA INDONESIA DULU.

  mor wrote @

THX for all C”ment.
Memang TL negara miskin……jangan2 anda iri yah dengan kekayaan TL.

  aya wrote @

sedih si TL bkn negara Indonesia lg,
tp mw gmna lg, TL sndiri yg mw mshin diri dr NKRi

  dante wrote @

hahahahahahaha mampus lo!!!!!!!! sok si pake misain diri dari indonesia

  foec wrote @

sebenarnya semua yang di katakan itu nga benar, orang yng mengatakan itu karna tidak suka sama negara timor leste, buktinya timor leste sekarang maju, bahkan hidup warga negaranya lebih bagus di bandin dengan indonesia, nga ada rakyat yg mengemis di jalanan kaya di indonesia

  saudara sekandung wrote @

Betul!!!TLS tidak ada penggemisnya.siapa yang mau diminta???SEMUANYA MISKIN.namanya aja negara miskin,hahaha..hahaha..kasihan dech lol;

  zia ulr… wrote @

walaupun begitu, mereka pernah menjadi bagian dari NKRI yang kita cintai. timor-timur (timor leste) kalian selalu ad di hatiku. saya berharap kepada pemerintah timor leste agar lebih memperhatikan lagi rakyatnya. jgn cuma mengincar kekuasaan!!!!!!

  adit setiawan wrote @

RASAIN TL…

gara gara kalian, pamanku gugur
masih ingatkah operasi seroja..?
dulu th 76 kalau timor timur gak nggabung dgn indonesia, aku yakin rakyatnya udah mampus kelaparan akibat ditelantarkan ama portugal,

ya semoga aja kalian para rakyat tim tim bisa merenungi,

tiga kata kupersembahkan untk tim tim

KASIAN DECH LOE…

kunjungi blogku
http://www.smago2007.wordpress.com

08562896776

  chay@yahoo.com wrote @

saudara adit, yang bego itu paman km dia yang mau cari mati, ngapain ke timor leste, rakyat timor leste tidak minta bantuan indonesia, lagian indonesia itu lebih miskin dari timor leste. urus negaranya sendiri aja nga mampu, km tidak butuh bantuan indonesia, kami hanya butuh TKI NYA,

  Fuad wrote @

memang tu Tim tim

woi kunjungi blog saya di http://www.fuad-fbs-unimed.blogspot.com
makasi!

  jhon hendra jaya wrote @

gw ckup blang lo TL harus mandiri jangan mau urusan negara lo di urus negara lain terutama AUSTRALIA hati x2 sama AUSTRALIA gag kan mungkin dia mau turut campur bila tidak ada hasil nya apa lagi hapir seluruh umat di TL bodoh no shcol habis la kalian TL di bantai AUSTRALIA `1 lagi pimpim na lo skarang orang yg jahat HATI X2 lo TL berat tu maju bila pimpimna lo TL masih kerja sama AUSTRALIA`ingat di bukan negara bule tapi sekarang jadi negara bule MANA TU orang ABORIJIN nya da miskin semua …MAMMPUSSS LO TIMOR LESTE…..

  jhon hendra jaya wrote @

gw ckup blang lo TL harus mandiri jangan mau urusan negara lo di urus negara lain terutama AUSTRALIA hati x2 sama AUSTRALIA gag kan mungkin dia mau turut campur bila tidak ada hasil nya apa lagi hampir seluruh umat di TL bodoh no shcol habis la kalian TL di bantai AUSTRALIA `1 lagi pimpim na lo skarang orang yg jahat HATI X2 lo TL berat tu maju bila pimpimna lo TL masih kerja sama AUSTRALIA`ingat di bukan negara bule tapi sekarang jadi negara bule MANA TU orang ABORIJIN nya da miskin semua …MAMMPUSSS LO TIMOR LESTE…..

  Siapa wrote @

Bahasanya banyak yang kampung nih. Kalo emang TL mau merdeka ya silahkan, ini risikonya, miskin di awal-awal.

Tapi tolong dong ga usah pake memojokan Indonesia dengan isu-isu HAM, juga jangan gampang dikendaliin Australia dkk.

Trims

  Indoq trcnta wrote @

Emang belagu bgt org timor leste,bikin susah indo aja,pake acra msuhan ma indo. Dh d bantu blsnya mlh gt. Rasain lu TL,mlarat sna, di kibulin ma australia,, bongko la uwis..

  LOROSAE wrote @

setahu saya wajar dong… negara yang baru merdeka melarat…. coba flashback Indonesia merdeka 45… tapi… tahun 60an masih ada PKI masih banyak kasus sana sini… & sebagainya itu tandaX Indonesia pada waktu itu lom dewasa alias baru merangkak…. berpikir itu yang logis sob… jangan terlalu memojokan orang…, bahkan Indonesia yang setuah ini aja lom becus menyelesaikan masalah TKI, sengketa pulau dengan Malaysia…., masalah kemisikinan, bahkan sampai detik ini masih ada saja rakyat indonesia… yang mati kelaparan… dan terkena penyakit busung lapar.. BTW liat diri kita masing2 sebelum mencelah orang lain…

ok salam perdamaian… hidup Indonesia n Timor Leste….

  Tino wrote @

hitam putih menuju kemerdekaan telah kami raih suka atau tidak sejarah telah mencatat bahwa timor leste pernah sepiring dengan indonesia, kami telah melupakan yang lalu yang ingin kami raih adalaha masa depan yang lebih baik, sejelek apapun timor Leste indonesia tetaplah saudara tua kami salam damai dari bumi matahari terbit buat saudaraku indonesia

  aditya wrote @

dasar. . . . ! ! ! !
emang enak. . . . ! ! ! !
salah Loe sendri mau Pisah dr Indonesi tercinta sekarang. . . . ? ? ? ?

KUALAT LOE. . . ! ! !

  jafar wrote @

Apaan sih ribut 2 tentang timor leste ? lihat aja analist internasional TL itu diantara 10 negara termiskin di dunia………bener atau tidak nya tanya ajah bule2 tukang survai……..tapi aku pernah nonton TV DOCUMENT di AL ZAZEERA CHANNEL ..eh di timor leste hanya ada 80 docter …ngeri banget di bandingkan kota kecil aja seperti Banjar pataroman udah kalah banget . masa sih rakyat 1 jt dokter cuman 80 orang ?

  fajar wrote @

yang terjadi biarlah berlalu biarlah itu sebagai sebuah kenangan terindah antara indonesia & timor leste, smoga timor leste akan bangkit dr keterpurukan, maju terus…………!!!!!! jangan menyerah, jadilah negara berdaulat dan punya harga diri ……!

  Fatima Pereira wrote @

Hoy anjing” yg lg menggonggong…
Aq orang Timor Leste,,,
Jing, termiskin tapi di Timor Leste ngak ada pengemisnya, & ngak ada anak yang terlantar atau kelaparan. Seperti punya kalian, tiap kali makan di warung atau lagi jalan, pasti ada pengemisnya. Kasihan banget ya…
Baru merdeka, tapi udah punya kemajuan besar. Kita punya penghasilan alam yang bisa digunakan, daripada Indonesia, harus mengemis ke negara orang… sangat memalukan
Aq mahasiswa, tapi kiriman aq tiap bulan U$300 dolar… kayaknya udah lebih banget ya… haha…
Lagian, kalo negara termiskin, ngapain orang” Indonesia berjualan di Timor Leste… karena kalo kerja di Indonesia, gajinya kecil & untungnya kecil…
10 tahun mendatang, saya yakin kalo Indonesia bakal jadi negara termiskin setelah Timor Leste… Udah merdeka 68/ 60 berapa lah, tapi masih ada pengemis dan miskin…
Timor Leste baru 6 tahun, tapi liat kondisi sekarang… menggiurkan…

  agung,.. wrote @

ya… sdh bgt yg mngingikn TL psah dgn Indonesia yg hny sbgian org sj yg haus akan kekuasan,.. tp tdk bsa dipngkiri bhwa TL adlh saudra kt jg,.. maju trz TL itu semua adlh proses,.. tp bgsx klu brgabung lg dgn Indonesia.

  oi wrote @

setiap orang yang komentar/menjelekan timor leste adalah kelompok BUTA HURUF & TIDAK TAHU DIRI….
Untuk kamu yang so pintar dan cuma bisanya menkritik..kupersembahkan”STUPIDO” untukmu!!!!

  Manas wrote @

tengoklah saudarah – saudari mu di pedalaman PAPUA dan NTT hidupnya lebih miskin sekarat dari TL.

  taroman wrote @

Suatu negara di katakan miskin karena di lihat dari pendapatan perkapitanya, memang dari tahun 2000-2006 pekapita TL hanya $800 yaitu menduduki rengking terendah posisi ke-7 di dunia tapi dari thn 2008- sekarang GDP menigkat menadi $ 2500 menduduki posisi ke 172 di dunia kedepannya GDP akan terus menigkat ini merupakan sala satu indikator bahwa lambat atau laun rakyat TL akan keluar dari situasi kemiskinan yg anda hina ini.
Kemiskinan adalh masalah global indonesia sudah berjuang 64 th memerangi masalah kemiskinan tapi sampai skarang pun masih masih banyak orang miskin dimana -mana homeless and the begger di kota2 dan miskin sekarat di daerah pedalaman.
Salam unk saudarah tua Indonesia mari kita berjuang bersama memerangi kemiskinan.

  Rendy wrote @

sy orang indonesia tetap brsatu NKRI.. indonesia adlh negara kepulauan terbesar didunia yg memiliki pulau lebih dr 13.000. walaupun indonesia msh brkembang sy bangga menjdi bgian indonesia..

  Bryan Jhon wrote @

Saudara- saudaraku di Timor Leste yang tercinta . Seperti kata komentar diatas bahwa kemardekaan memang harus bayar mahal . Kita semua harus kehilangan saudara – saudara kita yang tidak sependapat dengan kita . Cobalah untuk berpikir jernih karena usaha kita untuk sebuah Negara tidak gampang . banyak kendala yang harus kita hadapi . Saudara – saudara ku terlalu berambisi, untuk sebuah negara Kaya . ternyata masyarakat kecil harus hidup dengan penuh kemiskinan. John Anak Bacau Dilli . sekarang merantau di indonesia Jakarta .

  igit wrote @

hidup adalah pilihan…!!!!!! cuma pilihan pasti ada baik dan buruknya…!!!!! gw gk terlalu nyalahin TL. n gw juga gk nyalahin indonesia, semanagt bwt sodara2 di TL. meskipun munkin iyah TL negara miskin ke 7,sukses gk instan kaya mie rebus sob..!!! 5 menit langsung jadi. tpi butuh proses dan pembenahan2, tugas TL sekarang adalah bagaimana caranya kalian bisa maju dan memperbaiki semuanya, sedikit demi sedikit, miskin harta boleh tpi jangan sampe miskin moral, kaya malaysia yang seenaknya ngambil2 punya negara lain(indonesia)

  deezeey wrote @

go to hell bullshit timor leste with your god…….

  timor leste wrote @

tabahlah saudaraku di timor leste,suatu saat kau kan jadi negara yang makmur…..saya sebagai warga nkri terus mendukung persahabatan kedua negara kita…sobat kau jangan terpangaruh kepada janji yang bisa merusak hubungan kita.

  deezeey wrote @

Timor Leste makmur???????? tunggu matahari terbit dari barat kali ye….paling 5 th ke depan sudah hancur kelaparan……

  Anak Tuhan wrote @

Gak perlu dijelek2in seperti itu, itu kan saudara kita sesama ciptaan Tuhan…. kita seharusnya malu dong…krn negara kita jg termasuk negara miskin. Kalau ada yg merasa kaya, yah mungkin individunya, tp tengoklah masyarakat2 yg di timur…dan di desa2, mereka banyak yg masih kekurangan. Buat yg sudah kaya dan merasa kecukupan, syukurilah anugerah dari Tuhan, jangan mencela yg miskin, syukur2 malah bisa membantu, ngasih sebagian harta kalian utk sesama yg berkekurangan, …Yg masih miskin dan berkekurangan… marilah kita berdoa dan berusaha utk hidup lebih sejahtera… bagi yg sdh kaya tp msh kekurangan…KE LAUT AJA DEH LU…

  Tino wrote @

untuk saudara-saudariku indonesia akibat kami miskin sehingga kamu merasa kaya janganlah begitu saling menjatuhkan pimikiran konstruktif yang kita butuhkan bukan ejekan

our appresiation for Mr SBY for combating terorism and coruption

  Ramelau lulik wrote @

Setidak pantasnya kita saling menyerang beginian, sebenarnya kehidupan kita itu harus mutualisme artinya harus saling ketergantungan, miskin atau kaya itu relatif tetapi bagaimana kita saling mengisi dan melengkapi, karena mau tak mau Timor Leste adalah bekas anaknya Indonesia jadi mana ada orang tua yang menhinakan anaknya seperti kalian kalian ini?

  agung wrote @

Sadarlah wahai warga timor leste, kekayaan alam itu hanya ilusi semata…buktinya 6 tahun masih terbelakang…kekayaanmu hanya untuk segelintir penguasamu semata! “Bukan untuk menjelek-jelekkan”..Peace!

  baros wrote @

ibarat cerita MALIN KUNDANG yg mnmph timor leste sekarang,emg sich timor leste bekas anak indonesia tp dia anak yang durhaka makanya kaya malin kundang kan sekarang.

  LEMORAI wrote @

Hei teman-teman semuanya yang dari Indonesia, kalau kalian semua sadar dan benar-benar memahami Sejarah bergabungnya Timor Timur dulu ke pangkuan NKRI? anda pasti tidak akan mencaci maki Timor Leste Seperti saat ini. seharusnya anda semua harus merasa malu dan meminta maaf kepada orang-orang Timor Leste, akibat perbuatan Biadab Pemimpin-pemimpin Militer kalian yang bertugas di Tim-Tim Dulu. karena pemimpin kalian sudah melakukan kesalahan terbesar dalam sejarah Berbangsa dan bernegara. kenapa saya katan demikian? sebab, Pemimpin kalianlah yang di Bodohi Pemerintah Amerika Serika pada saat itu, untuk merebut/menganeksasi/menduduki Timor-Timur melalui serangan militer pada tanggal 7 Desember 1975. itu artinya bukan terjadinya Integrasi (bergabungnya rakyat Tim-Tim secara baik-baik ke NKRI) melainkan yang terjadi adalah Pendudukan/pengambilan paksa, dan itu berarti telah terjadi penjajahan Indonesia atas Timor-Timur pada saat itu. Coba anda baca dan simak baik-baik UUD 1945 pada salah satu Alineanya yang jelas-jelas mengatakan: ” BAHWA SESUNGGUHNYA KEMERDEKAAN ITU ADALAH HAK SEGALA BANGSA, OLEH SEBAB ITU PENJAJAHAN DIATAS DUNIA HARUS DIHAPUSKAN, KARENA TIDAK SESUAI DENGAN PERI-KEMANUASIAAN DAN PERI-KEADILAN” Masih ingat ngak Alinea ini???? kalau belum Ingat atau belum tau di BACA aja lagi Dulu, biar NGAK NGELANTUR Komen-komennya. Nah kembali lagi ke masalah Bodoh-membodohi, Siapa sih yang sebenarnya BODOHI? Pemeimpin-pemimpin kalian atau Pemimpinnya Kami Orang Timor Leste? kalau memang orang Indonesia Banyak yang Pintar kenapa harus di bodohi Amerika? nah itu tandanya Bahwa Sebuah Negara yang baru MERDEKA pasti ada kekurangannya.

Jadi saya minta agar janganlah kalian semua memberikan komentar miring tentang Timor Leste, memang sekarang Timor Leste punya banyak kekurangan, tetapi orang-orang orang-orang Timor Leste tidak pernah kelaparan dan mengemis/meminta2 dijalanan seperti di Indonesia. Coba anda semua melihat komentarnya Saudara Kami dari BANGSA PAPUA tirulah komentar2 mereka bahwa
“tidak di pungkiri bahwa ketika mama/ibu kandug melahirkan seorang anak lalu bangkit untuk berjalan dan bekerja, pasti membutuhkan proses yang cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan dunia baru, kondisi yang terjadi di Timor-timor itulah realitas yang harus di lalui secara sadar. sebenarnya yang menghancurkan peradaban awal adalah penjajah yang rakus akan harta kekayaan sehingga mengabaikan manusianya untuk membentuk diri/moral yang baik. untuk itu saya yakin Timor-Timor pasti lebih baik dari Indonesia”

Komentar diatas memang NYATA adanya, karena walaupun ada masalah disana-sini tapi KEHIDUPAN rakyat Timor Leste saat ini lebih baik dari Dulu di Bawah Naungan NKRI, ini suatu . jadi saya juga memberikan Support sepenuhnya kepada Rakyat PAPUA dan ACEH untuk berjuang terus demi memperoleh KEMERDEKAAN kalian, itu adalah hak kalian. karena Tanah “PAPUA” dan Tanah “NANGRO” sangat kaya akan sumber daya alamnya. kenapa saya mengatakan hal ini, karena terus-terus hidup di bawah NKRI, soh Pasti dech yang ada hanyalah akan terjadi PENCURIAN/PERAMPOKAN dan PENGHANCURAN atas kekayaan Bangsa ACEH dan PAPUA.

Akhir kata dari Saya, Wahai orang-orang Indonesia yang “PIKIRANNYA KERDIL dan SEMPIT” berjuanglah sekuat tenaga dan bekerja keraslah Untuk Mengembalikan Semua Tenaga Kerja Kalian yang di Tindas dimana-dimana karena mencari Nafkah di Negri orang termasuk yang Menjadi Wanita Penghibur yang bekerja menjajakan diri mereka di Bar-Bar di Timor Leste, sebagai bangsa yang kalian Puja2 dan kaian bangga-banggakan itu seharusnya tidak membiarkan warganya HIDUP HINA seperti itu…….Tunjukan bahwa Indonesia itu KAYA seperti omongan Elo-Elo yang ngalantur itu…….MASIH HIDUP MELARAT aja BLAGU dan Soh-Soh ngatur Bangsa Timor Leste. Kaciiiiiiiiiiaaaaaaaaaaaaa dech loe…….. udah MERDEKA hampir ratusan tahun kok Masih Melarattttttttttttttttttttt aja…….terus kapan MAKMURNYA…..??????????????????

  LEMORAI wrote @

Ini masih ada lanjutanya dari komen LEMORAI yang ada diatas, Coba anda ikuti perkembangan Perokonomian Indonesia Bagian Timur khususnya NTT, NTB dan Bali, dengan merdekanya Timor Leste apa dampaknya terhadap perkembangan perokonomian Ketiga Wilayah itu, terutama di Sektor Parawisata dan Perdagangan sembilan Bahan Pokok? Coba Anda Check Pemasukan Uang DOLAR Amerika dari Timor Leste ke tiga Wilayah ini? sudah Jutaan Dolar yang mengalir ke 3 Wilayah ini………jadi itu artinya Keberadaan Negara Timor Leste juga jangan anda remehkan Bro…. karena biar bagaimanapun cukup membantu pemasukan di tiga Wilayah itu. Contoh lainnya adalah, ketika terjadi Bencana Alam di Washior “PAPUA” , Gunung Meletus di “JOGJA”, dan Tsunami di “NIAS”, Pemerintah Timor Leste memberikan bantuan 1 Juta USD Dolar kepada Pemerintah Indonesia, Untuk Para Korban Bencana tersebut apa itu Timor Leste MISKIN? Coba kalian bayangkan itu sebuah bentuk solidaritas yang sangat besar NILAInya, itu tandanya Bangsa Timor Leste, masih duduk satu tangga di atasnya Bangsa Indonesia, karena sesungguhnya dari Awal2 Merdeka hingga Detik ini belum ada Bantuan sepecerpun yang diberikan Pemerintah Indonesia Untuk Timor Leste………Jadi, Sekali lagi kalau mau ngasih komen tu KUMPULUN DULU Data2nya baru Ngomong………Jangan Maen Tabrak aja Elo………………………Dasar Preman!!!!!

  neil reis wrote @

masih mending timor timur,dari pada di indonesia banyak rakyatnya tinggal dikolong jembatan tapi pejabat naik mobil mewah,skg rakya banyak yang tinggal dikolong jembantan tapi DPR mau bangun gedung mewah,,,,, kasian dong sama rakyatnya yang tinggal dikolong jembatan dan rel kereta api

  hugo wrote @

yeah, miskin, miskin, miskin…… krena kalian yg ambil,, miskin krna klian yg curi, miskin krna orang kami yg pntar d bnuh sma orang kalian… mu gmna,, bru 10 tahun udh maju,,, tp klian 60 tahun maju mundur… rakyak miskin,, pejabat korup, anggota DPR nonton bokep…wkwkww.., yeah mau gmna lagi d ktakan miskin krna bnyak yg iri,,,hihihi……… love Timor Leste…

  imman wrote @

saya orang malaysia dukung kalian para pemuda Timor Leste.
dulu kami juga seperti kalian tapi sekaran anda boleh lihat indo tidak ada apa-apa dibanding sama bangsa kami.
memang bodoh mereka.

  MauBere Jintiu wrote @

Ya….begitulah Timor Leste walaupun negara termiskin. sampai kapanpun Timor Leste tetaplah Timor Leste. berpaspor Timor Leste datang ke Indonesia tidak untuk jual Bakso, mie ayam atau mencari kerja, sebaliknya berpaspor indonesia ke Timor Leste hanya untuk Jual Bakso, mie ayam dan mendirikan Rumah Makan. sesuatu hal yang sangat menyenangkan…

Kasian bgat ……

  pele wrote @

jangan sok2 bikin artikel bro… klo tanpa sumber yang jelas … klo mo sumber yang bener dan akurat , jelas nih liat di bawah… http://niganku.wordpress.com/2011/03/20/100-negara-termiskin-di-dunia-indonesia-urutan-68/

Termiskin itu dinilai dari jumlah GDP (Gross Domestic Product). Di bawah ini adalah daftar 100 negara termiskin di dunia (dihitung
berdasarkan US Dollar):

1 Zimbabwe $200
2 Congo, Democratic Republic of the $300
3 Burundi $400
4 Liberia $500
5 Guinea-Bissau $600
6 Somalia $600
7 Central African Republic $700
8 Eritrea $700
9 Niger $700
10 Sierra Leone $700
11 Afghanistan $800
12 Ethiopia $800
13 Malawi $800
14 Mozambique $900
15 Rwanda $900
16 Togo $900
17 Nepal $1,000
18 Comoros $1,100
19 Guinea $1,100
20 Madagascar $1,100
21 Uganda $1,100
22 Burma $1,200
23 Gambia, The $1,200
24 Mali $1,200
25 Burkina Faso $1,300
26 Haiti $1,400
27 Sao Tome and Principe $1,400
28 Tanzania $1,400
29 Bangladesh $1,500
30 Benin $1,500
31 Ghana $1,500
32 Zambia $1,500
33 Chad $1,600
34 Lesotho $1,600
35 Tuvalu $1,600
36 Cote d’Ivoire $1,700
37 Kenya $1,800
38 Korea, North $1,800
39 Senegal $1,800
40 Tajikistan $1,800
41 Mauritania $1,900
42 Solomon Islands $1,900
43 Cambodia $2,100
44 Laos $2,100
45 Kyrgyzstan $2,200
46 Nigeria $2,200
47 Sudan $2,200
48 Kosovo $2,300
49 Micronesia, Federated States of $2,300
50 Papua New Guinea $2,300
51 Cameroon $2,400
52 Moldova $2,500
53 Timor-Leste $2,500
54 Pakistan $2,600
55 Yemen $2,600
56 Uzbekistan $2,700
57 India $2,900
58 Marshall Islands $2,900
59 Vietnam $2,900
60 Nicaragua $3,000
61 Mongolia $3,300
62 Philippines $3,400
63 Fiji $3,700
64 Honduras $3,700
65 Kiribati $3,700
66 Congo, Republic of the $3,800
67 Djibouti $3,800
68 Indonesia $3,900
69 Guyana $4,000
70 Iraq $4,000
71 Morocco $4,000
72 Cape Verde $4,200
73 Paraguay $4,300
74 Sri Lanka $4,400
75 Tonga $4,400
76 Maldives $4,500
77 Bolivia $4,700
78 Vanuatu $4,700
79 Bhutan $4,800
80 Syria $4,900
81 Georgia $5,000
82 Jordan $5,000
83 Nauru $5,000
84 Samoa $5,000
85 Swaziland $5,100
86 Guatemala $5,400
87 Egypt $5,500
88 Namibia $5,500
89 Turkmenistan $5,800
90 China $6,100
91 Albania $6,400
92 El Salvador $6,400
93 Armenia $6,600
94 Bosnia and Herzegovina $6,600
95 Algeria $7,100
96 Ecuador $7,700
97 Jamaica $7,700
98 Ukraine $7,800
99 Tunisia $8,000
100 Palau $8,100
Indonesia memang termasuk dalam daftar 100 negara termiskin di dunia.

  pele wrote @

sok2 bikin artikel tapi tanpa sumber yang jelas.. itu hanya propoganda murahan bro…. liat data diatas itu… Timor Leste Urutan 53 dan INDO 68 itu artinya gak jauh beda bro .. ya bisa dikatakan 11 12 lah….

  Rainain TL wrote @

Kayaknya yg kami org Timor hanya memiliki 1 jt penduduk di negara yg kecil dan tercinta, meski baru merdeka tapi byk negara yg berambisi atas kekayaan alam kami pasti suatu saat kami akan semakin lebih maju dr INA, utk yg menghina Timor Leste, kok masih byk abang tukang bakso di Timor jualan pakaian etc, emangnya ngak ada kerjaandi INA selain jualan bakso di Timor? heheheh jangan menghina dong but org INA yg tidak panjang akal……..

  g’nroz & jhankher wrote @

bagi siapa yang menghina timor leste,ataupun mengatakan timor leste adalah negara yg termiskin ke-10,tu tdk benar……karena sampai saat ini khususny biaya pengobatan 100% gratis.bandingkan dgn indo yg sampai saat ini untuk biaya pengobatan masih membutuhkan uang yg cukup banyak,kasihan donggggg ama saudari-saudari kita yang sama sekali tdk punya uang. makan tu pasir biar tau rasa hehehehehehhehe,,,,,,,,,,,,,,,,halimar d8, beik xaaaaaaaaaaa…,,….????? (g’nrz & ario noapa’i)

  Woocommerce Theme wrote @

Hi there, its nice piece of writing about media print, we
all be familiar with media is a fantastic source of data.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: